Selasa, 17 Juni 2008

Interview bersama Indra Ameng






1. Pertama, Wang, gue pengen lo ceritain sedikit tentang pengalaman terakhir lo dengan project CHANGE YOURSELF yang lo bikin sebelum ini. Buat gue project CHANGE YOURSELF lo kemaren itu gila banget eksekusinya, karena lo mengerjakan sebuah project seni seperti sebuah social campaign digabung sama product campaign dengan skala yang besar. Apa aja pengalaman dan feedback yang lo dapet dari project CHANGE YOURSELF?

Sampai sekarang pun gue masih belum percaya bahwa project Change Yourself bener-bener udah pernah gue buat…sangat emosional karena banyak sekali hal baik dan hal buruk yang didapet dari project tersebut, dalam project itu gw berperan sebagai object sekaligus subject… hal yang menarik yang didapat selama kampanye: 1. Dalam banyak hal gw merubah orientasi dan cara pandang gw tentang hidup. 2. Menemukan pertanyaan yang sangat sulit dijawab seperti • kenapa Tuhan melahirkan saya ke dunia? • siapakah orang yang paling saya sayangi? • apakah saya mencintai hal yang saya lakukan? • bagaimana cara mengalahkan manchester united?

Dan yang ini adalah bagian terpenting: siapakah orang yang paling bahagia di dunia?


2. Untuk project HAPPINESS, apa aja yang menginspirasi lo untuk memulai project ini?

Banyak hal menjadi inspirasi project HAPPINESS, bagian terbesar adalah orang-orang yang gue cintai dalam hidup gue dan anjing gue Mobi yang sudah memberikan kebahagiaan terbesar semasa hidupnya selama 5 tahun tanpa pamrih

3. Menurut lo apa relevansi dari gagasan HAPPINESS ini dalam konteks sosial masyarakat sekarang?

Dalam konteks social masyarakat terkini, kebahagiaan menjadi sebuah media pengendali hasrat yang luar biasa, menggerakan jutaan orang untuk melakukan sesuatu yang mustahil sekalipun; undian berhadiah, komunikasi, periklanan, produk, gerakan keagamaan, dengan kata lain kebahagiaan adalah simbol nyata mimpi masyarakat saat ini dan menjadi bagian dari penggerak roda-roda raksasa hasrat. Bersama tuntutan budaya yang berubah begitu cepat maka yang terjadi adalah sebuah ironi yang menyayat hati, terseret dalam putaran roda kebahagiaan semu. Kebahagiaan menjadi hal yang sangat dicari dan begitu didambakan.

4. Ada persiapan riset apa aja yang lo lakuin untuk menyiapkan project HAPPINESS ini?

Sebetulnya hampir semua pola riset akan sama saja hasilnya, yang terpenting adalah proses eksekusi…bagaimana gue harus bisa melakukan sebuah eksplorasi yang menarik dari sebuah hasil riset… Itu jauh lebih menarik… Untuk melakukan itu semua membutuhkan sebuah suasana pribadi dengan kondisi yang berbahagia, jadinya hampir setiap sore gw maen bola untuk tetap dapat tertawa, nonton spongebob squarepants, dengerin lagu-lagu masa SMP/SMA (salah satu periode paling bahagia dalam hidup gw)

5. Wang, kenapa lo memilih untuk membuat sebuah project sebagai metode kerja dalam menggarap gagasan HAPPINESS ini? Maksud gue, di seni rupa sekarang, konsep dan medium karya, juga cara mempresentasikan karya itu kan sangat penting hubungannya dalam hal untuk menyampaikan pesan yang lo mau. Kalo misalnya dengan ide HAPPINESS, terus lo bikin karya lukisan atau poster yang lo gantung aja di dinding ruang pamer, pasti beda banget kan efeknya. Kenapa strategi ini yang dipake untuk mempresentasikan gagasan HAPPINESS ini?

Unsur terpenting dari aktualisasi sebuah project adalah proses, untuk melakukan proses tersebut gw memilih bergabung dengan publik ketimbang mengurung diri dikamar. Melalui proses akhirnya gw merasakan sebuah persfektif yang lebih kontras tentang sebuah pengalaman, misalnya gw inget mati justru ketika berada di sebuah mall (takut di bom) daripada saat khusu berdoa dan itu sebuah suasana kontras, hal seperti itu yang menarik dari interaksi publik dan ruangnya.

6. Dalam hal mendesain project ini, bisa ceritain, Wang, proses kerjanya kayak apa secara berurutan?

1. Berfikir 2. Berfikir 3. Bekerja Yang paling penting adalah menemukan dan membangun DNA sebuah project dimana kita bisa mencatat kode genetiknya, kebiasaan, ekosistem, dan rentang usianya. Apabila sebuah project telah lahir tahapan berikutnya memberikan asupan yang bergizi dan melatihnya untuk berjalan dan mandiri, pada tahapan berikutnya diharapkan mampu menjadi perangkat yang berguna bagi pencipta projectnya (timbal balik) Tahap terakhir adalah mengadakan upacara pemakaman yang baik bagi project kita. Langkat selanjutnya bagaimana project yang almarhum tersebut begitu sangat dirindukan oleh orang-orang yang telah ditinggalkannya, dibicarakan dan tetap dikenang.

7. Sampai sejauh ini lo mengerjakan project ini, ada cerita menarik, misal dari tanggapan orang yang lo libatkan di dalamnya atau pengalaman menarik dari interaksi yang sudah lo lakukan untuk project ini?
Yang jelas gue tau rasanya diseruduk kuda nil ha ha ha…kayak diseruduk bajaj rasanya… Gue banyak melibatkan teman lama yang hampir sudah jarang kontak-kontakan…melihat waktu berjalan itu sangat romantis; wajah lelah yang semakin tua, beban hidup yang kian berat, mimpi yang masih panjang dan terjal, semangat yang kuat untuk mengatasi masalah hidup, dan mereka bisa jadi salah satu manusia paling bahagia di Indonesia ha ha ha…dan gue menjadi sangat bersyukur setidaknya mereka sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam hidupnya

8. Pameran di ruangrupa ini, kan, jadi presentasi awal project HAPPINESS, karena project ini akan berlangsung seterusnya. Pesan atau statement apa yang ingin lo sampaikan kepada penonton pameran ini?

Project HAPPINESS akan berhenti ketika gue sudah tidak merasa bahagia lagi menjalaninya…hmmm untuk statement… Apakah kamu bahagia?

9. Untuk lo sendiri, hal-hal apa yang bikin lo bahagia, dan apa pengalaman yang paling membahagiakan buat lo?

Hal paling berat dalam hidup gue adalah bagaimana terus membuat hati gw tersenyum. Gue adalah orang yang sangat gelisah…dengan detak jantung yang dapat berdebar secara tiba-tiba setiap hari karena letupan-letupan berbagai pikiran yang ada di otak gue…demi mencegah pikiran destruktif jadinya gw berusaha keras untuk bahagia dalam banyak hal…ternyata itu sangat membantu untuk mencari jawaban-jawaban yang tadi kita bahas diatas.
10. Terakhir, Wang, dari sekian banyak film yang lo tonton, film apa yang menurut lo paling berhasil membuat happy ending dan kenapa?

Sebuah film perancis: ‘Les Choristes’ film yang sederhana berkisah tentang sebuah sekolah khusus anak-anak nakal yang belajar Choir (paduan suara) Hati gw menangis menonton film itu…kebahagiaan sejati belum tentu kita temukan selama hidup kita, tapi kehidupan kita dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk menemukan kebahagiannya…

1 komentar:

my blog mengatakan...

mungkin gw orang yang paling terlambat di dunia karena baru baca blog lu hari ini tapi dari melihat blog luar biasa lu ini yang gw browsing ternyata ada seorang seniman yang bener" cukup ngejawab pertanyaan gw tentang bahagia....well done sir....always buat orang terinspirasi sama karya loe....like me..